Sabtu, 17 Oktober 2009

Kelebihan PostgreSQL

PostgreSQL terkenal akan fitur-fitur yang disediakannya, di mana telah diketahui sejak dulu bahwa PostgreSQL mempunyai sekumpulan fitur yang kaya dan lengkap, yang mendukung transaksi, view, subselect, foreign key support, pemeriksaan, dan lain-lain. Akan tetapi PostgreSQL selama ini telah banyak memberikan keuntungan yang lebih terhadap para perusahaan atau kegiatan bisnis yang menggunakan database system ini dari pada dengan database system yang lainnya.

Berikut ini adalah kelebihan – kelebihan yang terdapat di PostgreSQL, antara lain:

1.Resisten tehadap over-deployment
Dengan menggunakan PostgreSQL, tidak ada seorangpun dapat menuntut untuk pelanggaran terhadap perjanjian lisensi, sebagaimana tidak ada biaya lisensi yang diasosiasikan (digabungkan) untuk software. Hal ini menyebabkan PostgreSQL memberikan keuntungan tambahan, antara lain:
o bisnis menjadi lebih profitable dengan skala penyebaran yang luas
o tidak ada kemungkinan diperiksa untuk pemenuhan lisensi
o fleksibel untuk menjalankan konsep penelitian dan trial deployment tanpa memerlukan biaya lisensi tambahan.

2.Support yang lebih baik
Selain memberikan support yang kuat, PostgreSQL juga mempunyai komunitas ahli dan para peminat.

3.Menghemat biaya staffing
PostgreSQL telah didesain dan dibuat sedemikian rupa untuk mempunyai tingkat pemeliharaan dan kebutuhan yang lebih rendah daripada database systems sebelumnya, walaupun tetap mempertahankan kualitas fitur, stabilitas, dan performa. Sehingga biaya yang diperlukan PostgreSQL menjadi lebih efektif dan lebih dapat diatur.

4.Terpercaya dan stabil
Banyak perusahaan yang melaporkan bahwa PostgreSQL tidak pernah, bahkan sekalipun, mengalami crashed pada saat melakukan operasi dengan tingkat aktivitas yang tinggi.

5.Extensible (dapat diperluas)
Kita tidak memerlukan biaya sekecil apapun dan hanya memerlukan sedikit usaha untuk melakukan perluasan terhadap PostgreSQL.

6.Cross platform
PostgreSQL dapat dijalankan hampir di setiap jenis Unix (34 platform yang paling baru dirilis), juga di Windows dengan menggunakan Cygwin.

7.Didesain untuk environmentshigh volume
PostgreSQL menggunakan penyimpanan data dengan banyak baris (multiple rows) yang dinamakan MVCC. Hal ini dimaksudkan agar PostgreSQL sangat responsif pada high volume environments.

8.Desain database GUI dan administration tools
Beberapa tools GUI yang berkualitas tinggi tersedia untuk mengelola database (pgAdmin, pgAccess), sekaligus desain database(Tora, database architect).

9.Fitur fitur yang sangat mendukung
PostgreSQL sangat kaya akan fitur-fitur yang disediakannya, antara lain: rules, views, triggers, unicode, sequences, inheritance, outer join, sub-selects, open API, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar