Sabtu, 17 Oktober 2009

Engine Interface PostgreSQL

PostgreSQL adalah database system yang luar biasa. Banyak pengguna PostgreSQL yang telah merasakan keunggulan dan ketangguhannya. Untuk bekerja dengan database system ini, kita membutuhkan sebuah client. Client default yang datang dengan PostgreSQL adalah psql, yang berbasiskan CLI (Command Line Interface). Barangkali semua setuju bahwa PostgreSQL adalah database system hebat. Tapi, siapa yang tahan kalau harus terusterusan menggunakan psql untuk berkomunikasi dengan server PostgreSQL.

Psql memang aplikasi client yang sangat fleksibel. Aksi-aksi seperti penghapusan, pengubahan tabel dan berbagai hal yang berhubungan dengan DDL dapat dilakukan dengan sangat cepat Namun, terkadang kita menjadi begitu repot dalam melakukan hal yang berhubungan dengan DML Apabila
Anda ingin mencoba client lain, pgAdmin3 adalah client PostgreSQL yang layak dicoba. Tidak seperti psql yang berbasiskan CLI, pgAdmin3 berbasiskan GUI yang ditulis dengan bahasa C++ dan pustaka wxWindow.

Dengan demikian, untuk melaksanakan beberapa tugas tertentu, Anda dapat menyelesaikannya dengan satu atau dua operasi klik. Dengan pgAdmin3 juga, berbagai tugas dasar seperti melihat informasi sistem, status database, dan tugas-tugas informatif lainnya dapat dilihat dengan sangat detail. PostgreSQL penulis secara default dijalankan tanpa membuka koneksi TCP. Dan selama ini, penulis menggunakan PHPPgAdmin. Tidak masalah dengan tidak terbukanya koneksi TCP tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar